Kamis, 22 Maret 2012

kelebihan dan kekurangan friendster , keamanan serta pemanfaatan dimasa depan .

D.
 Situs jejaring sosial yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan friendster lebih dulu dibanding facebook, namun kini popularitasnya semakin berkurang karena sudah ada facebook dan twitter. Kini akan saya uraikan tentang kekurangan dan kelebihan dalam friendster.

Friendster


Kelebihan :


1.friendster merupakan situs jejaring sosial pertama yang mungkin mempelopori facebook dan twitter, yang didalamnya terdapat fitur ganti status.


2.kita dapat menyimpan foto sebanyak banyaknya dengan melakukan upload. juga bisa membuat album seperti facebook.


3.friendster dapat juga digunakan untuk mencari teman sebanyak banyaknya, untuk melakukan iklan dan juga jasa.


4.kita bisa melakukan kontak kepada teman yang lain dengan menulis di dinding seperti pada facebook.


5.kita dapat mengubah layout friendster. Yaitu gambar backgroud supaya tampak lebih cantik, daripada facebook yang tidak bisa diganti, cuma ada biru.


Kekurangan :


1.friendster merupakan model lama dari situs jejaring sosial, sehingga belum sesempurna seperti pada facebook.


2.dalam friendster tidak ada fitur comment seperti pada facebook, hanya menyediakan fitur wall.


3. Friendster tidak menyediakan fitur chatting, dan juga tidak ada waktu habis masa statusnya (tidak seperti di facebook, selang 1 minggu maka status akan otomatis dibuang tapi tidak dihapus).


4.untuk melakukan add sangatlah rumit, kita diharuskan benar benar mengetahui teman yang di add karena kita diharuskan menuliskan alamat emailnya atau nama belakangnya, jika tidak maka kita tidak akan bisa menjadi temannya.


5.menggunakan friendster merupakan cara lama, karena sudah dikatakan jadul dan peminatnya sudah sangat berkurang.


E.

 Sistem Pengamanan Perangkat keamanan ini adalah dengan memasukkan perangkat pribadi (phone cell, PC, Laptop) yang diperbolehkan untuk melakukan login ke account Friendster. Jadi user yang bisa login ke accountnya hanya melalui perangkat-perangkat yang telah didaftarkannya. Jika ada orang lain atau sang user mencoba melakukan login dengan menggunakan perangkat lain yang tidak terdaftar maka Friendster akan mengirimkan pesan melalui email, sehingga user dapat melakukan pencegahan secara lanjut.

Untuk menggunakannya, user Friendster harus mengaktifkan fasiliatas keamanan ini melalui Account Security yang berada di dalam Account Setting. Kemudian anda mendaftarkan perangkat-perangkat pribadi yang diperbolehkan untuk mengakses Account anda.

Bagi user yang ingin melakukan login dengan perangkat yang belum diaftarkan maka user tersebut harus menjawab beberapa pertanyaan.



F.

Friendster secara resmi melakukan rebranding situs jejaring sosial mereka menjadi platform game online, menjauhi persaingan dengan berbagai situs jejaring sosial yang lain.Jejaring sosial ‘pra-sejarah’ Friendster telah benar-benar dilupakan dalam beberapa tahun terakhir ini, posisinya digantikan oleh Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya. Setelah mereka mengalami beberapa masalah serius sejak tahun 2006, Friendster masih melakukan berbagai upaya untuk bertahan hidup, namun tidak satupun dari strategi tersebut bisa membuat Friendster keren kembali seperti dulu.

mereka berencana untuk mengubah itu. Untungnya Friendster dijual ke perusahaan Malaysia – MOL Global (Money Online), yang merupakan platform pembayaran online dan jaringan perdagangan. Beberapa eksekutif di MOL Global sudah memberikan sedikit petunjuk dengan langkah ke depan untuk Friendster, yang adalah tentang game. Sebelumnya Friendster sudah mulai memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi dari pengembang pihak ketiga, kebanyakan dari aplikasi ini adalah game online, dan ternyata itu adalah tahap pertama transformasi Friendster dari sebuah platform jaringan sosial ke dalam platform game yang terintegrasi penuh dengan platform pembayaran MOL.

Salah satu keunggulan Friendster adalah bahwa mereka dimiliki oleh MOL, perusahaan pembayaran online terbesar di Asia Tenggara, wilayah yang merupakan basis pengguna terbesar Friendster. Platform game lain tidak memilikinya, bahkan Facebook bermitra dengan MOL untuk mengambil pasar dan mendapatkan pemasukan dari pengguna di Asia Tenggara. Hal ini dapat menjadi manfaat yang besar bagi Friendster.

Meskipun tampilan situsnya masih sangat jelek, saya masih bisa melihat masa depan yang cerah bagi Friendster di pasar game, terutama berkaitan dengan pasar Asia Tenggara dimana orang suka memainkan game online. Fakta menyatakan bahwa pasar game di Asia Tenggara sangat luas, kebanyakan perusahaan game yang berbasis di AS pun harus mengakui hal ini.

2 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus